Visi Hidup Kita Haruslah Bervisi Syurga

Sabtu, 27 September 2014

Hikmah Mengucap Hamdallah saat Bersin



“Uacihhh…., Alhamdulillah….”
            “Hati-hati Jang banyak bakteri bertebaran ntu dari mulutmu…”
            “Eh.. balas dong Din?”
            “Balas apanya? Masa aku harus bersin juga?”
            “Maksudnya balas pake do’a Din, kata nabi jika ada diantara kita yang bersin terus yang bersin ngucap hamdallah, maka yang lain mendoakannya dengan mengucap yarhamukallah, dan yang bersin membalasnya dengan yahdikumullah… gitu, ikut TPA dimana sih? Kayak gitu aja kagak tau..”
            “Hehe…, iya baru inget Jang, Yarhamukallah…”
            “Yahdikumullah…”
            “Eh tapi kok bersin harus ngucap hamdallah ya?”
            “Nah lho…, ya dah tanya dokter Abu ja deh..”
Dokter Abu said:
Guys, bersyukurlah jika kita masih bisa bersin, karena bersin merupakan salah satu pertanda bahwa system pertahanan tubuh kita masih berjalan normal. Kenapa bisa seperti itu? Yups, bersin merupakan salah satu mekanisme tubuh untuk mencegah benda asing masuk kedalam tubuh. Bersin ntu diatikan sebagai sebuah proses keluarnya udara dengan cepat dan keras melewati hidung dan mulut. Ada yang tahu seberapa cepat udara keluar saat kita bersin? Yups, kecepatan udara saat kita bersin mencapai 70 m/ detik atau setara dengan 250 km/ jam.  Mekanisme terjadinya bersin diawali dari terdeteksinya zat asing yang masuk ke saluran pernapasan dalam hal ini rongga hidung oleh reseptor di sel epitel saluran pernapasan. Zat asing yang masuk bisa bakteri, kuma, virus, kutu, benda asing atau debu. Bersin juga berfungsi untuk membersihkan saluran pernapasan (rongga hidung) dari kotoran-kotoran. Udara yang menghembus ke luar dengan kecepatan dan tekanan tinggi dari paru-paru, membuat rongga hidung bersih secara optimal.
Dalam islam memiliki kedudukan tersendiri, sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Apabila salah seorang diantara kalian bersin maka ucapkanlah Alhamdulillah, dan hendaklah orang yang menengarnya menjawab dengan yarhamukallah, dan bila dijawab demikian maka balaslah dengan ucapan yahdikumullah wa yuslihubaalakum.” (HR: Bukhary, 6224). Dalam keterangan lain Rasulullah SAW bersabda: “Hak seorang muslim atas muslim yang lain ada enam: jika engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, jika ia mengundangmu maka datanglah, jika ia meminta nasihat kepadamu maka berilah nasihat, jika ia bersin lalu mengucap Alhamdulillah maka do’akanlah, jika ia sakit maka jenguklah, jika ia meninggal maka iringilah jenazahnya.” (HR: Muslim). Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda: “Sungguh Allah SWT mencintai orang-orang yang bersin dan membenci orang yang menguap, maka jika kalian bersin pujilah Allah, maka setiap orang yang mendengar pujian itu untuk menjawabnya; adapun menguap, maka itu dari syaitan, maka lawanlah itu sekuat tenagamu. Dan apabila seseorang menguap dan terdengar bunyi: Aaaa, maka syaitan pun tertawa karenanya.” (HR: Bukhari).
Lalu kenapa kita harus mengucap hamdallah? Point yang pertama sudah jelas ya, karena kita bersyukur Allah SWT masih memberikan kita system pertahanan tubuh yang normal, bersin dapat membersihkan hidung dan saluran napas kita dari bakteri, kuman dan zat asing lainnya. Point kedua, berdasarkan hasil penelitian, pada saat kita bersin jantung kita berhenti sekitar nol koma sekian detik. Pernahkah kita membayangkan jantung kita berhenti berdenyut untuk selamanya? Nah pada kondisi bersin ini kita diingatkan Allah atas salah satu nikmat Allah berupa fungsi jantung yang baik. Jantung merupakan organ tubuh yang bekerja secara tidak sadar. Pernahkah kita menghintung berapa kali denyutan jantung memompa darah dalam satu hari? Kita jarang mengingat dan bersyukur pada Allah bahwasannya kita memiliki jantung sebagai organ yang sangat vital dalam tubuh ini. Jadi mengucap hamdallah saat bersin adalah bagian dari rasa syukur kita kepada Allah karena Allah masih mengkaruniakan kita kesehatan atas system pertahanan tubuh dan fungsi jantung yang normal. Jadi jangan lupa, mulai dari sekarang jika kita bersin, maka ucapkan hamdallah ya….

Temanggung 2013

Hendri Okarisman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar